20100901 180

20 Situs/Blog Desain Lokal Terbaik yang Harus dikunjungi

in , ,


Salah satu kendala yang dihadapi oleh desainer dan peminat desain di Indonesia adalah tidak banyaknya situs/blog lokal yang konsisten membahas desain seperti diluar negeri. Banyak faktor penyebabnya, antara lain adalah tidak adanya sponsor pendukung yang membuat penulis tertarik berbagi ilmunya melalui blog. Namun tidak banyak bukan berarti tidak ada. 20 situs dibawah ini secara konsisten membahas seputar desain dengan konten-konten yang berkualitas dan cukup menarik. Bisa jadi sumber bacaan inspiratif bagi kamu yang memang menggeluti bidang desain dan kebingungan mencari source desain dari blog maupun situs lokal.




Pemilihan ke-duapuluh situs/blog dibawah berdasarkan kualitas dan jumlah artikel di situs-situs tersebut. Daftar ini disusun berdasarkan katagory untuk memudahkan pembaca dalam memilih situs sesuai dengan minat masing-masing. List ini tentu penuh dengan segala keterbatasan saya dalam menjelajah dunia maya. Jadi, jika ada situs/blog tentang desain yang cukup berkualitas namun ternyata tidak masuk daftar, silahkan sarankan melalui kolom komentar.

Ini dia 20 situs/blog lokal tentang desain terbaik yang bisa dijadikan sebagai sumber bacaan dan inspirasi dalam meningkatkan kemampuan desain:

Desain Grafis

DGI-indonesia
Situs yang penuh dengan inspirasi dan artikel yang bagus tentang desain grafis. Selain itu, situs ini diisi dengan artikel dari banyak penulis yang kompeten pada bidangnya. Secara kualitas, situs ini layak menjadi acuan untuk mengenal desain grafis lebih dalam.



Conceptmagz
Mungkin banyak yang sudah tau kalau Concept adalah majalah desain grafis cetak dan terbit secara offline. Sebagai pendukung majalah tersebut, Concept juga punya versi onlinenya yaitu conceptmagz.com yang penuh informasi dan artikel menarik seputar desain grafis.

DKV-Unpas
Sebuah blog yang sangat inspiratif berisi rangkaian artikel dan tips tentang desain grafis. Selain itu, di blog ini juga bisa ditemukan banyak sekali link situs desain (baik luar maupun lokal) yang mungkin bisa menjadi acuan dalam menjelajah informasi desain grafis di dunia maya.

Designerlistic
Situs desain grafis yang sudah cukup lama dan sangat informatif. Salah satu situs yang bagus jika anda memang senang dengan berbagai bentuk kreatifitas.

gfxindo
Sebuah forum desain grafis berisi banyak informasi seputar desain. Jika ingin bertemu banyak teman seprofesi dan thread-thread menarik seputar desain grafis, sepertinya sayang jika melewatkan situs yang satu ini.

Diskusi Grafis
Sesuai dengan namanya, diskusigrafis.com merupakan situs yang diperuntukkan untuk forum desain grafis. Banyak artikel bermanfaat yang dapat ditemukan disini.

Agesvisual
Bingung untuk mencari resource teori-teori desain? Silahkan berkunjung ke blog ini. Agesvisual berisi informasi desain grafis berupa teori dan tips praktis yang dibahas secara mendalam dan pastinya bermanfaat untuk pembaca.


Tutorial

Desaindigital
Situs milik Mas Jeprie ini adalah salah satu situs tutorial photoshop paling berkualitas di Indonesia. Selain menulis di desain digital, beliau juga terkadang menulis tutorial di situs-situs top luar negeri seperti psd.tutsplus, 1stwebdesigner, dan designinstruct. Jadi Secara kualitas tutorial, desaindigital.com memang sudah tidak perlu diragukan lagi.



Zona Narsis
Situs tutorial Photoshop milik Ian yang berisi banyak tutorial photoshop bermanfaat. Dan sesuai dengan namanya, situs ini juga diselingi aura narsis yang kental dalam setiap tutorialnya :), cukup bermanfaat untuk dikunjungi.

Otodidak.info
Banyak tutorial photoshop bermanfaat yang bisa ditemukan disini. Selain itu juga ada ruang untuk forum, dimana kamu bisa bertemu banyak teman seprofesi dan seidealisme untuk saling sharing seputar photoshop dan lain-lain.

Ilmu Photoshop
Situs milik Mas Sigit ini merupakan salah satu situs tutorial photoshop paling populer di Indonesia. Ilmuphotoshop.com berisi tutorial-tutorial photoshop yang dibagi berdasarkan tingkat kemahiran yaitu, pemula, tingkat menengah, dan tingkat mahir. Salah satu resource tutorial yang cukup bagus untuk dikunjungi.

Painthink
Salah satu situs tutorial photoshop yang berisi tutorial-tutorial bermanfaat bagi pembaca. Situs milik Habieb ini banyak menggunakan contoh kasus berupa tipografi dalam tutorial-tutorialnya. Selain painthink.com, Habieb juga punya situs tutorial photoshop berbahasa inggris bernama grafisia.


Desain Kaos

KDRI (Kementrian Desain Republik Indonesia)
Kementrian Desain Republik Indonesia berdiri sudah cukup lama Dikelola oleh mas gembol. Di Distro KDRI, kamu sebagai desainer bisa ikutan mengirimkan karya desain kaos yang nantinya akan divoting oleh pembaca KDRI. Selain Distro KDRI, kamu juga bisa menemukan banyak inspirasi menarik dari artikel-artikel yang dipublish disini.



Ganti Baju
gantibaju.com secara rutin (1 bulan atau 2 bulan sekali) mengadakan kontes desain kaos dengan tema yang menarik pada setiap eventnya. Sama seperti KDRI, desain kaos yang masuk penilaiannya akan diserahkan kepada pengunjung. Jika terpilih, akan ada hadiah jutaan rupiah yang menanti pemenang.


Desain Web

Jurus Grafis
Situs milik RichardFang ini secara rutin membahas desain web dari segi interface dan usability. Selain itu, banyak artikel inspiratif, tips, maupun tutorial grafis yang bisa dijadikan acuan untuk mengunjungi situs ini.



Visualmagz
Situs yang cukup menarik. Membahas informasi dan tips seputar desain web. Selain itu, kamu bisa menemukan artikel-artikel inspiratif dan bermanfaat seputar desain disini.

Designmagz
Salah satu situs desain web yang sangat penuh tips dan patut dikunjungi. Ada banyak sekali artikel berkualitas yang bisa jadi asupan informatif bagi kamu yang memang mendalami bidang desain web/situs.

Hisman
Blog milik Hisman yang fokus dan konsisten membahas seputar desain web. Salah satu blog yang sangat bermanfaat untuk web designer dan developer.

Tutorial Webdesign
Situs yang berisi banyak tutorial seputar desain dan pengembangan web serta desain grafis yang layak dikunjungi.


Tipografi

Tipografi Indonesia
Mungkin situs pertama di Indonesia yang membahas tipografi secara khusus. situs yang sangat bagus untuk mengenal tipografi lebih dalam.



Hariadhi
Blog yang fokus membahas tipografi. Cocok buat kamu yang ingin belajar dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang tipografi.


Freelance

Ruang Freelance
Situs ini merupakan tempat kumpul para freelancer seperti desainer, penulis, programmer dll. Situs yang sangat bagus jika kamu adalah seorang freelancer designer. Disini kamu bisa menemukan artikel bagus yang bisa memotivasi kamu untuk berkembang sebagai freelancer.



Inspirasi

iklan Indonesia
Blog ini penuh dengan iklan lokal kreatif dan diupdate secara berkala. Kamu tidak hanya disajikan tampilan iklan-iklan lokal yang kreatif, namun juga informasi lengkap insan-insan kreatif yang punya andil dalam pengerjaan projek iklan tersebut.



Begitulah beberapa temuan Desain Studio berupa situs/blog lokal terbaik yang membahas seputar desain. Bagaimana? Ada yang terlewatkan? Jika ada situs/blog yang berkualitas yang ingin direkomendasikan masuk kedalam daftar diatas, silahkan beritahu melalui kolom komentar. :)

Share On:

180 Responses to “ 20 Situs/Blog Desain Lokal Terbaik yang Harus dikunjungi ”

Leave a Reply