20100830 9

Wawancara dengan Dhanank Pambayun @Evergrunge

in , , ,

Buat kamu yang pernah mampir di Evergrunge dan terpukau dengan karya-karya luar biasa disitus tersebut, pasti tidak asing lagi dengan Dhanank Pambayun. Yap! Dhanank Pambayun adalah salah satu visual artist dan illustrator asal Indonesia dengan kualitas karya bertaraf Internasional. Kesan abstrak yang mendominasi illustrasi Dhanank menciptakan tampilan seni visual dinamis yang unik dan sangat menarik.




Karya-karya Dhanank Pambayun penuh dengan ide dan illustrasi abstrak yang tidak biasa. Setiap karyanya didominasi oleh detail yang sangat bagus dan harmonisasi warna yang seimbang. Beberapa brand besar seperti Honda dan Puma juga pernah bekerjasama dengan beliau untuk keperluan advertising.

Kali ini, Desain Studio berkesempatan mewawancarai Dhanank Pambayun. Suatu moment bagus untuk mengenal beliau lebih dekat dan memperkenalkannya kepada pembaca. Simak wawancara Desain Studio dengan Dhanank Pambayun yang dilakukan via email berikut ini:


Halo Mas Dhanank, Pertama-tama bisa perkenalkan diri ke pembaca? Apa saja aktifitas yang sedang dijalani saat ini?

Dhanank pambayun seorang digital illustrator, tinggal dan bekerja di yogyakarta.
Aktifitas? masih juga sama seperti manusia yang lain.
Tidur pas adzan subuh lalu bangun selepas dhuhur. Bekerja, pulang menjelang maghrib, menyiram bunga dan bermain air dengan pengacau-pengacau kecil di sore hari.
Dan mulai beribadah menyembah perangkat lunak grafis mulai pukul 10.10 malam sampai menjelang subuh.


Sejak kapan mulai berkiprah dalam dunia seni visual? Bisa ceritakan sedikit latar belakang hingga bisa terjun di bidang ini?

Berkiprah dalam hal ini maksudnya berkarir?
Dari kecil saya sudah akrab dengan yang namanya seni visual. Saya sering melihat ayah saya menggambar disela-sela rutinitasnya sebagai guru. Sekali waktu dia mengajari saya bagaimana menggunakan kuas dan cat air. Lama kelamaan saya mulai jatuh cinta dengan dunia gambar. Ditambah saran dari kedua orang tua saya, kelak kalau bisa janganlah berkarir sebagai guru atau pegawai negeri. Maka dengan ikhlas dan percaya diri saya belajar seni rupa dan desain secara formal di tahun 1997. Setelah itu mulai bekerja dan pindah-pindah kantor, dari penerbit sampai agency iklan. Hingga saya merasa stag dan tidak nyaman bekerja berdasarkan konsep dan hukum-hukum kaku yang tidak boleh dilanggar dalam membuat sebuah karya.
Kemudian mencoba membuat website yang menampung karya-karya personal saya, www.tragiklabs.com. Yang kemudian saya rubah menjadi evergrunge.com sampai sekarang.




Dari mana biasa mendapatkan inspirasi? Apa saja kegiatan yang bagi Mas Dhanank bisa memberikan inspirasi?

Seperti kebanyakan, saya mendapat inspirasi dari buku, film, website, dll. Atau bahkan sesekali saya mendapat tuntunan ide dari mimpi-mimpi sewaktu saya tidur.
Kegiatan, pastinya saya mendapat banyak inspirasi dari membaca dan mengobrol. Dari satu buku, artikel, atau sebuah obrolan, saya seperti mendapat remah-remah ide yang menjadi bahan baku untuk sebuah karya. Bahkan saya sering juga mendapat serpihan-serpihan ide dari antri di traffic light, mengamati langit malam, melihat tunas-tunas daun yang mucul dari pot-pot bunga di rumah. Intinya setiap kegiatan sehari-hari saya selalu menyumbangkan potongan-potongan puzzle yang pada akhirnya saya susun menjadi utuh dalam sebuah karya.


Karya-karya Mas Dhanank penuh dengan illustrasi yang sangat menarik. Bisa ceritakan prosesnya hingga bisa menjadi seperti sekarang
ini?


Ini menarik dalam bagian mana? ide atau gaya?
Dari segi ide, saya mempunyai ketertarikan dengan science ataupun pseudo science, sejarah, alam bawah sadar, mistisme juga dunia simbol.
Saya terbiasa melihat segala hal secara mendetail, menyeluruh dan dari berbagai sudut pandang. Sehingga itu memberikan saya sebuah perspektif yang kaya dan berwarna.
Saya juga menyukai sebuah chaos, sebab dari situ saya melihat benang transparan yang menyambungkan satu sama lain membentuk sebuah keteraturan baru yang misterius. Sensasi-sensasi itulah yang selalu ingin saya tumpahkan ke dalam sebuah karya, dengan harapan mereka yang melihat dapat ikut serta merasakan sedikit atau banyak sensasi-sensai seperti yang saya rasakan .
Sedangkan untuk gaya visual, saya tidak pernah berhenti pada satu titik. Saya selalu mencoba mencampur dan merombak berbagai macam gaya. Menyuntikkan candu psikadelik pada grunge atau memaksa sebuah surealis untuk menjadi lebih dekoratif.
Selama itu mampu menampung dan meng-ejawantahkan ide-ide saya, kemungkinan itu selalu menarik untuk saya coba.




Apa projek yang paling menarik yang pernah dikerjakan? Bisa ceritakan sedikit mengenai projek tersebut?

Semuanya menarik!
Misalnya, untuk illustrasi Honda CBR membutuhkan revisi lebih dari 10 kali, mulai dari sket sampai gaya visual. Atau illustrasi untuk Somersby Calrsberg yang cuma butuh revisi serius satu kali untuk menjadikannya final artwork. Bagi saya semua itu sangat menarik :).Jadi setiap projek selalu mempunyai hal menarik yang berbeda-beda, bagi saya tidak ada yang paling dari semuanya.




Apakah saat ini sedang mengerjakan suatu projek? Bisa ceritakan sedikit ke pembaca mengenai projek tersebut?

Sedang mempersiapkan sebuah website playground baru, yang saya buat sebagai manifestasi cinta saya pada pengacau-pengacau kecil yang setiap tak pernah lelah menciptakan chaos dirumah.


Banyak orang mengaku tidak berani terjun kedalam dunia seni visual karena tidak punya bakat dalam menggambar, bagaimana Mas Dhanank menanggapi hal ini?
Apakah menurut Mas Dhanank menggambar itu butuh bakat atau bisa dipelajari?

Bakat bisa penting jika kita sendiri menganggapnya itu penting, begitu juga sebaliknya.
Namun bagi saya pribadi, bakat itu tidak penting. Yang pertama dan utama adalah rasa tertarik yang mampu membakar gairah.
Dulu ketika saya pertama kali memegang pensil dan mulai menggambar bukan karena tahu bahwa saya punya bakat, tetapi karena rasa tertarik saya untuk meniru apa yang ayah saya lakukan.
Semua hal bisa dipelajari, tergantung seberapa tebal rasa penasaranmu untuk mengetahui dan mencoba hal itu. Semua manusia itu berbakat, tetapi kadang rasionalitas dan bangku sekolah lah yang membunuhnya tanpa kita sadari.
Dan ketakutan untuk mencoba hal baru serta kemalasan kita yang selalu menjadi dalih dan alasan utama untuk berkata, Ah saya kan tidak punya bakat.




Adakah tokoh-tokoh yang menjadi influence untuk karya-karya Mas Dhanank?

ibarat saya berjalan dan bertemu lalu mengobrol dengan banyak orang. Semuanya secara langsung ataupun tidak semua memberi pengaruh kepada saya. Mungkin saya rasa Mati Klarwein, Michael Angelo, Tim Burton dan Bavari sangat meracuni ide sampai gaya visual saya dari dulu sampai sekarang.


Apa pendapat Mas Dhanank mengenai perkembangan desain grafis dan seni visual di Indonesia?

Internet membuat bola dunia yang semula bulat menjadi datar. Segala informasi tumpah ruah didepan mata kita. Tren yang sedang mewabah di Eropa dapat sampai ke mata kita dalam waktu yang cepat.
Pastinya hal tersebut mau tidak mau menyeret desain grafis dan seni visual indonesia menembus batas teritori, memasuki dunia baru yang belum pernah terjadi dalam sejarah.



Apa target yang Mas Dhanank ingin capai kedepan?

Saya tidak mau meletakkan target didepan, ini membuat hidup sangat tergesa-gesa, melelahkan dan pastinya membosankan.
target saya bukan di depan, tetapi berada satu atau dua langkah di belakang saya.
Yang selalu saya jaga untuk tetap berada di depan adalah kemungkinan-kemungkinan. Berbagai macam kemungkinan yang dapat membuat hidup selalu merdeka dan menyenangkan. Bukan hal pasti yang harus di kejar. Dengan begitu saya dapat benar-benar menikmati waktu demi waktu dalam hidup sekaligus melampui 'target-target' tanpa sadar.



Ada pesan terakhir yang ingin disampaikan kepada pembaca?

Jika ada 9 orang sedang ramai membicarakan bahwa semangka itu bulat, jadilah orang ke 10 yang melemparkan semangka berbentuk segitiga ke tengah-tengah mereka.




Terima kasih Mas Dhanank, sudah bersedia di wawancara di Desain Studio! :)

yeah terima kasih juga, telah memberikan perhatian pada saya.



Yap!, Bagaimana menurut kamu karya-karya Dhanank Pambayun diatas?, Saya pribadi sampai geleng-geleng kepala waktu pertama kali melihat portofolionya. :)

Untuk mengenal Dhanank Pambayun lebih dekat dan melihat karya-karyanya yang lain, silahkan kunjungi markas beliau di tautan-tautan ini :

Evergrunge
TragicLab Blog
Deviant Art
Behance

Share On:

9 Responses to “ Wawancara dengan Dhanank Pambayun @Evergrunge ”

  1. memang mantab, makin mateng aja dah si danang :) udah ngikutin sejak tragik labs yg flash2 an itu haha

  2. Bagus sekali gambar-gambarnya. Baru tahu ada yang bisa buat beginian.

  3. Joko says:

    Ya desain-desainnya saya coba lihat luar biasa. Sebagai orang awam penikmat seni saya hanya bisa terkagum-kagum. Dari Jogja juga ternyata Mas Danank ini? Sama dengan saya berarti

  4. sangat menginspirasi,,saya termasuk penggemar mas dhanank..dari semenjak bernama tragik labs..love at the first sight sam karya2nya..:D
    salah satu desainer indonesia yng sudah mendunia..
    note: sayang preview gmbrnya agak distorsi yahh..

  5. Anonim says:

    luar biasa...menarik. pengen juga bisa seperti itu, namun saya sendiri setiap mendapat ide untuk membuat suatu karya, hilang ketika sudah didepan monitor...urrghh...

  6. memang seorang seperti mas dhanank sangat mengispirasi dan melihat orangnya pun dulu saya gak menyangka seorang designer yang mengepakkan sayapnya bisa dapat bijak menjawab pertannyaan demi pertanyaan yang mengacu akan bagaimana sosok seorang designer itu meniru karya orang lain selagi masih belajar...salam UKSW disgn up diary

  7. karya om danank slalu menjadi idola :D
    viva psychedelic!

Leave a Reply