20100812 5

Illustrator Tutorial—Membuat Efek Sketsa pada Teks dalam 2 Menit

in ,

Efek goresan sketsa walaupun tergolong klasik namun selalu punya daya tarik tersendiri untuk dinikmati. Apalagi pada kondisi zaman yang serba canggih sekarang ini, efek dengan gaya manual seperti sketsa dsb bisa tampil cukup unik di antara style-style design dengan gaya modern. Di Desain Studio kali ini, kita akan sedikit belajar bagaimana caranya membuat teks dengan gaya sketsa di Adobe Illustrator. Tidak hanya itu, style bergaya sketsa ini juga bisa disimpan untuk kemudian diaplikasikan kepada berbagai macam teks dan bentuk lain dengan cara yang sangat mudah. So, lets check it out.. :D



STEP 1

Buat sebuah teks menggunakan Pen Tool (P)



STEP 2

Pastikan tidak ada fill maupun outline color untuk teks tsb. Caranya mudah, cukup klik teks, lalu pilih tanda silang untuk fill dan outline color di Control palette.



STEP 3

Pilih teks, lalu pada menu bar pilih Window > Appearance (Shift + F6) untuk membuka Appearance palette. Jika sudah, klik pada tanda panah kecil disudut appearance palette untuk membuka menu pop-up, lalu pilih Add new fill.



STEP 4

Klik Fill color yang baru saja ditambahkan, lalu pada menu bar pilih Effect > Stylize > Scribble, maka akan terbuka jendela baru untuk mengatur tampilan efek scribble.



STEP 5

Atur nilai-nilai pada jendela scribble seperti dibawah ini. Pada langkah ini, Anda bisa berimprovisasi dengan melakukan berbagai eksperimen dalam mengatur nilai untuk menghasilkan goresan sketsa.



STEP 6

Sekarang efek sketsa pada teks telah jadi. Langkah selanjutnya, klik pada teks lalu lari ke Window > Graphic Style untuk membuka Graphic Style Palette. Klik pada ikon New graphic style untuk menambahkan style dengan efek sketsa ke dalam Graphic Style Palette.



STEP 7

Sekarang teks atau bentuk apapun bisa anda berikan style efek sketsa hanya dengan memilih objek lalu klik pada style efek sketsa di Graphic Style Palette. Sebagai contoh, saya memberikan efek sketsa tersebut pada logo Desain Studio.



Silahkan mencoba, semoga bermanfaat! :)

Share On:

5 Responses to “ Illustrator Tutorial—Membuat Efek Sketsa pada Teks dalam 2 Menit ”

  1. eh, mantep juga tuh.. nice tut bung marco..

  2. ajir says:

    @IkazNarsis : Thanks bg narsis, smoga bermanfaat. :)

  3. Joko says:

    Kelihatan tuturialnya kalau disimak step-stepnya tak terlalu sulit untuk dipraktekkan. Akan saya coba, Mas Ajir.

    Selamat, deh dapat backlink dan promosi dari reviewnya Mas Jeprie

  4. ajir says:

    @Joko : thanks mas Joko, silahkan mencoba. Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply