20100801 15

Fresh & Colorful Photo Manipulation dengan Photoshop

in



Selalu ada cara-cara baru yang menarik untuk menciptakan manipulasi foto dengan photoshop. Seperti pada tutorial photoshop kali ini, kita akan belajar memadukan cipratan cat ke dalam sebuah gambar untuk menciptakan efek fresh yang colorfull di Photoshop. Beberapa resource image dan tekstur pada tutorial kali ini juga bisa jadi koleksi menarik bagi kamu yang memang gemar memanipulasi foto menggunakan photoshop. Lets check it out..



STEP 1

Persiapkan dokumen dengan background berwarna hitam. Lalu masukkan gambar ke photoshop lalu cropping gambar tersebut. Gambar pada tutorial ini bisa ditemukan disini. Untuk cropping gambar di photoshop, bisa lihat disini : menghapus background di photoshop

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 2

Buka layer palette dan pilih layer gambar wanita tersebut (layer 1), lalu tekan dan tahan tombol Alt di keyboard kemudian klik ikon create new fill or adjustment layer di bagian bawah layer palette dan pilih Brightness/Contrast kemudian lepas kembali tombol Alt. Langkah ini untuk membuat adjustment layer diaplikasikan hanya kepada layer terpilih. Atur nilai brightness/contrast seperti pada gambar dibawah.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 3

Selanjutnya, donwload kumpulan gambar cipratan cat. Masukkan salah satu gambar cipratan cat tersebut ke dokumen photoshop. Beri nama layer cipratan cat dengan nama 'splatter 1'.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 4

Gunakan magic wand tool (W) dan klik bagian putih dari gambar splatter 1 kemudian tekan tombol delete di keyboard untuk menghapusnya.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 5

Gunakan teknik yang sama dengan STEP 2 untuk memberikan adjustment layer pada layer splatter 1. Namun kali ini, pilih adjustment layer berupa Hue/Saturation. Atur nilai dari Hue/saturation hingga warna cipratan cat mendekati warna baju seperti pada gambar dibawah ini.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 6

Pilih layer splatter 1, kemudian klik ikon add layer mask dibagian bawah layer palette. klik pada thumbnail putih di layer splatter 1, lalu gunakan brushes tool (B) untuk menghilangkan sebagian dari gambar cipratan cat (lihat gambar dibawah).

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 7

Masukkan gambar cipratan cat yang lain dan beri nama layer dengan nama 'splatter 2', kemudian lakukan hal yang sama seperti pada STEP 5 untuk menyamakan warna cat dengan warna baju yaitu menggunakan Hue/saturation.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 8

Ulangi langkah pada STEP 6 yaitu memberikan layer mask pada layer splatter 2 dan hapus sebagian gambar cat di sebagian gambar.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 9

Tambahkan juga beberapa cipratan cat lain ke dalam dokumen photoshop. Beri nama dengan splatter 3, splatter 4 dan seterusnya. Gunakan langkah yang sama untuk menyamai warna dengan hue/saturation seperti pada STEP 5 dan juga menambah layer mask untuk menghilangkan sebagian gambar seperti pada STEP 6. Setiap cipratan cat berbeda bentuk, dalam hal ini kita harus mampu menyesuaikan tata letak hingga tampak cocok ketika diaplikasikan pada gambar.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 10

Download Grunge watercolor image. Kemudian masukkan ke dalam dokumen photoshop dan posisikan di atas layer background (lihat gambar dibawah).

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 11

Selanjutnya, kita akan membuat bayangan dari objek gambar wanita dan cipratan cat disekelilingnya. Caranya : tekan dan tahan tombol Ctrl di keyboard lalu klik pada thumbnail di layer 1 (layer si wanita). Setelah itu, lanjut dengan menekan dan tahan tombol ctrl + Shift di keyboard dan klik pada thumbnail pada layer splatter 1. Begitu seterusnya sampai layer 1 dan seluruh layer splatter terseleksi.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 12

Setelah semua terseleksi, buat layer baru dengan klik ikon add layer mask di bagian bawah layer palette. Beri nama layer dengan nama 'shadow'. Pilih layer shadow dan pastikan warna foreground adalah hitam dengan menekan tombol D di keyboard. Kemudian tekan tombol Alt + Delete di keyboard untuk mengisi layer dengan warna hitam (lihat gambar dibawah). Jika sudah, tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 13

Drag layer shadow pada layer palette ke atas layer grunge watercolor image dan perbesar ukuran shadow dengan menggunakan transform tool (Ctrl + T). Kemudian pada menu bar pilih Filter > Blur > Gaussian Blur dan atur nilai pada radius menjadi 8. Jika sudah, klik Ok.

manipulasi foto dengan photoshopmanipulasi foto dengan photoshop

STEP 14

Ganti blending mode pada layer shadow menjadi multiply dan opacity menjadi 40 %.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 15

Buat layer baru, lalu fill dengan warna hitam. Kemudian pada Menu Bar pilih Filter > Render > Lens flare. Atur dan posisikan letak cahaya pada lens flare seperti pada gambar dibawah. Jika sudah, tekan tombol OK.

manipulasi foto dengan photoshopmanipulasi foto dengan photoshopmanipulasi foto dengan photoshop

STEP 16

Pilih layer paling atas, kemudian klik ikon Create new fill or adjustment layer lalu pilih Brightness/Contrast (kali ini tanpa tombol Alt karena adjustment akan kita aplikasikan pada semua layer). Atur nilai pada brightness/Contrast seperti pada gambar dibawah ini.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 17

Dengan cara yang sama, tambahkan juga Adjustment exposure dan atur nilainya seperti pada gambar dibawah ini.

manipulasi foto dengan photoshop

STEP 18

Untuk finishing akhir, pilih layer splatter 2, lalu pilih Dodge tool (O) dan sapukan dibagian cipratan cat untuk menerangkannya. Langkah ini untuk mengoreksi pencahayaan bagian ini yang terlihat agak gelap sedangkan terletak paling dekat dengan sumber cahaya.

manipulasi foto dengan photoshop

Hasil akhir:

manipulasi foto dengan photoshop


Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan terus berkarya! :)

Share On:

15 Responses to “ Fresh & Colorful Photo Manipulation dengan Photoshop ”

  1. Saya baru saja nulis tentang gratisan cipratan cat ini di Link Minggu Ini. Memang ada rencana mau dipakai buat tutorial. Ternyata keduluan di sini.

  2. Oke bro, kayaknya pake judul efek splash pada baju boleh juga

  3. ajir says:

    @Jeprie : Hehe, gpp bg, masih banyak tehnik lain yg bisa dikolaborasikan dgn stock image cipratan cat ini. :)

    @Habieb : Iya, sempet bingung juga mw milih judul apa tadi.. :D

  4. Hebat.!
    tadi sore saya coba test buat jipratan pada foto saya sendiri, tapi tak berhasil. dan ini dia tutorialnya...
    thank's deh..
    :)

  5. ajir says:

    @ Jaka : Sama-sama Jaka, ditunggu karya-karya terbarunya! :)

  6. @Jaka: Buat foto cipratan foto itu susah. Harus bisa ngatur pencahayaan dan setting kamera.

    Stock gratis cipratan foto yang di media militia itu sangat berkualitas. Semua detailnya tertangkap. Biasanya yang sekelas ini harus dibeli.

  7. Ajiiib gan, keren nie, thnx bgt gan dah share
    ^_=

  8. manteb banget Gan.... Makasih ya udah berbagi ilmunya..
    "BERBAGI GA BAKAL RUGI...!"

  9. bgaimana jika kita membutuhkan cat hitam, tapi dengan mengubah overlay maka liukan (bentu cat menjadi hilang ) catnya menjadi hitam, mohon bantuannya hehehhehe

  10. Daus says:

    izin sedot tutorial nya gan

  11. Puja says:

    Saya udah pernah coba ... dan hasilnya AWESOME !!!
    Thx for share ^^

  12. Anonim says:

    jelas padat dan singkat,
    mantaf deh agan..beneran serius ngasih tutornya,
    thanks bnget ya gan dah mau share ilmu"nya.. :bd

  13. Terima kasih...
    Tutorial anda sangat edukatif dan membuat saya ingin memperdalam ilmu desain...hehe

  14. Anonim says:

    keren banget, thx udah mau share

Leave a Reply