20100701 5

Tips : Mengenal Fungsi Action di Photoshop

in ,

Seringkali kita harus menghadapi pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang untuk fungsi yang sama, seperti harus mengecilkan banyak gambar misalnya. Tentu akan cukup menghabiskan waktu jika kita mengecilkan gambar-gambar tersebut satu persatu. Namun di Adobe Photoshop, hal tersebut bisa disiasati dengan memaksimalkan fungsi dari Action. Action pada Photoshop adalah suatu fungsi dimana kita bisa merekam beberapa tindakan dan efek di photoshop, kemudian memutarnya kembali ketika diperlukan. Kita akan langsung saja praktek melalui tutorial singkat berikut ini..



STEP 1
Untuk contoh kasus kali ini, saya menggunakan sebuah gambar gelas yang telah di cropping dulu sebelumnya. Untuk gambar gelas ini, saya akan memberikan Action berupa tindakan rotasi. Jadi setiap kali ingin merotasi, saya tinggal gunakan fungsi action tanpa harus memutar objek secara manual.

Untuk bisa menampilkan Palette Action, pada Menu Bar, pilih Windows > Action.



STEP 2
Setelah Palette Action tampil, klik pada ikon Add New Action dibagian bawah Palette. Maka akan tampil sebuah jendela pop up di layar photoshop anda. Ubah nama action sesuai keinginan, lalu tentukan Shortkey yang akan dipakai untuk menjalankan action (dalam hal ini saya menggunakan F5). Jika sudah, klik pada tombol Record untuk mulai merekam tindakan.



STEP 3
Lihat tombol merah yang aktif dibagian bawah palette action, itu pertanda photoshop sedang merekam tindakan yang ingin anda simpan melalui fungsi Action. Dalam kasus ini, saya ingin merekam tindakan rotasi 90 derajat dari objek. Jadi saya gunakan Transform Tool (Ctrl + T) untuk mulai merotasi objek. Jika sudah selesai merekam, klik tombol Stop Playing/Recording dibagian bawah Palette Action.



STEP 4
Selesai..kita sudah membuat sebuah Action berupa rotasi objek. Action ini bisa kita jalankan hanya dengan menekan tombol F5 di keyboard (karena setting function key pada Action tadi adalah F5)



Sedikit catatan : jika anda membiarkan function key-nya none atau tidak ada short key yang dipilih, anda tetap bisa menjalankan action dengan menekan tombol Play Selection dibagian bawah Palette Action.

Selamat mencoba..!!!

Share On:

5 Responses to “ Tips : Mengenal Fungsi Action di Photoshop ”

  1. makasih mas, referensinya...
    banyak juga mas add ons action photoshop yang bertebaran didunia maya...
    saya juga salah satu peminat action :)

  2. hmm salah satu aplikasi yang banyak peminatnya seperti plugin juga, mempermudah pengerjaan tapi jangan di jadiin kebiasaan, hilang kreatifitas ntar..

    but nice tutor!!

  3. ajir says:

    @ Jaka: Iya, betul sekali. :)
    @ Ikaz; Betul, meskipun memudahkan, tapi ttp harus pandai2 menempatkan.

  4. makasih banyak kak buat infonya, sangat bermanfaat and nambah wawasan juga :)


Leave a Reply