20100724 7

Proses Pembuatan Illustrasi Karakter Kartun

in , ,

Illustrasi gambar karakter kartun adalah salah satu bagian yang cukup menarik dalam seni visual. Pembuatan karakter illustrasi dilakukan biasanya dengan menciptakan ciri dan sifat karakter dan hal-hal unik pada diri karakter. Karakter-karakter kartun yang lucu lazimnya kita temukan di film-film kartun, komik, majalah, dan banyak lainnya. Tidak juga tertutup kemungkinan karakter kartun untuk digunakan sebagai maskot sebuah perusahaan tertentu maupun sebagai model iklan. Jadi, untuk hal pemasukan, illustrator kartun punya cukup banyak target klien untuk bisa diajak bekerjasama.

Mengenai proses pembuatan secara teknis, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam proses pembuatan illustrasi gambar kartun :

Sketsa



Sketsa adalah proses awal yang penting dalam pembuatan illustrasi kartun. Walaupun sebagian illustrator maupun desainer juga mampu melakukannya langsung dengan komputer, namun tahap sketsa dapat mempercepat proses pembuatan. Selain itu, garis-garis yang dibentuk dengan tangan akan lebih manusiawi daripada garis yang dibuat dengan mouse.

Beberapa orang mengeluh karena tidak bisa menggambar. Tapi saya melihat ini sebagai tantangan. "Learning by doing", semakin sering maka akan semakin mahir. Saya juga tidak pintar menggambar, tapi berani memamerkan karya saya disini. :D


Scan



Kita butuh bantuan scanner untuk memasukkan gambar ke kompie. Beberapa desainer malah melakukannya dengan foto langsung gambar agar terbaca dalam format digital. Tidak masalah yang mana yang digunakan selama gambar dapat terbaca dengan baik pada komputer.


Persiapan Gambar



Persiapkan gambar untuk menghasilkan tampilan yang baik seperti mempertebal garis. Kita bisa melakukannya di Photoshop. Cukup pilih Image > Adjustment > Threshold, lalu atur nilainya hingga gambar terlihat cukup jelas.


Tracing



Tracing adalah istilah pada software pengolah gambar vector seperti Illustrator dan CorelDraw. Tracing dilakukan dengan menjiplak (menggambar ulang) gambar hasil scan hingga berformat vector. Pada software-software pengolah gambar vector, kita bisa melakukan tracing secara otomatis. Namun untuk tampilan detail dan hasil yang maksimal, Saya menyarankan untuk melakukannya secara manual alias pakai Pen Tool.


Pewarnaan Dasar



Berikan pewarnaan dasar kepada gambar hasil tracing. Ini akan sangat memudahkan kita dalam melangkah lebih lanjut dalam proses pewarnaan detail seperti pemberian bayangan dan pencahayaan.


Detail



Memperhatikan setiap detail pada gambar akan membuat gambar tampil lebih baik. detail bisa berupa pencahayaan, fokus pada pewarnaan, bentuk gambar, dll. Sampai pada step ini, kita telah selesai membuat sebuah illustrasi kartun mulai dari proses sketsa sampai pada proses digital.

Selamat mencoba! :)

Share On:

7 Responses to “ Proses Pembuatan Illustrasi Karakter Kartun ”

  1. hiyyaaa.. nih mantap nih, banyakin lg karya-karya illustrasi ko... di pendem aja.. busuk ntar..

    jadi cek baju??

  2. hmm...
    keren juga..
    ;)

    susahnya saat membuat detail gambar tersebut..
    kasih tips dong mas cara buatnya...

  3. ajir says:

    @Ikaz: haha, lg nyari waktu biar bisa bikin karya.. :D
    @Jaka : Untuk bikin detil gambar, cukup miripin aja gambar sama kondisi yg sebenarnya..misal pencahayaan, shadow, kontur dll. mmg harus sabar, tp di jamin hasilnya bagus. Tapi tergantung gambarnya juga sih, kayak kartun diatas misalnya, simple dan tidak terlalu detail karena jenis kartunnya mmg seperti itu.

  4. saya selalu penasaran untuk bikin cartoon vector tanpa tracing, tapi memang harus melalui proses itu yah? makasih atas tutorialnya ~_~

  5. Anonim says:

    suiiiiiiiiiiiiiiiipp

  6. kunjungan pertama..makasih infonya

Leave a Reply