20100729 6

Efek Foto Klasik (Vintage) dengan Photoshop

in

Efek foto dengan gaya klasik (vintage) adalah suatu efek yang kemudian populer di kalangan para pengguna photoshop. Efek foto seperti ini selalu mampu menggambarkan cerita yang berbeda pada setiap yang melihatnya. Di tutorial photoshop kali ini, kita akan belajar untuk menerapkan salah satu tehnik membuat gambar biasa menjadi bergaya klasik dan terkesan seperti foto-foto jaman 80-an. Lets get started..






STEP 1

Masukkan gambar yang ingin diberikan efek vintage ke Photoshop. Gambar pada tutorial kali ini bisa ditemukan disini. Beri nama layer dengan nama 'foto'.



STEP 2

Pilih layer foto lalu klik tombol Create new fill or adjustment layer di bagian bawah layer palette, lalu pilih Hue/saturation.

tips : tekan dan tahan tombol Alt di keyboard dan baru lepas setelah Hue/saturation terpilih. Langkah ini untuk membuat adjustment layer diaplikasikan hanya kepada layer terpilih.



STEP 3

Pada panel Hue/Saturation, atur nilai Saturation = -61 dan Hue= -18 (lihat gambar dibawah)



STEP 4

Berikan adjustment layer lain untuk layer foto dengan cara yang sama (tekan dan tahan tombol Alt) lalu pilih Exposure. Atur nilai yang terdapat pada panel Exposure seperti pada gambar dibawah ini.



STEP 5

Pilih thumbnail disamping thumbnail layer exposure, kemudian gunakan brushes tool (B) dengan opacity 50 %. Pastikan warna foreground (warna depan) adalah hitam dan sapukan brushes kebagian tengah hingga yang tersisa hanya bagian pinggir.



STEP 6

Buat layer baru dengan nama layer 'bercak foto' lalu pastikan warna foreground adalah putih dan fill layer 'bercak foto' dengan Paint Bucket Tool (G). Jika sudah, pada Menu Bar pilih Filter > Noise > Add Noise. Atur nilai pada Amount = 40 %, pilih Gaussian dan conteng tanda check list pada Monochromatic kemudian klik ok.



STEP 7

Gunakan Magic wand tool (W), lalu klik di salah satu tempat pada layer bercak foto hingga sebagian bercak terseleksi, jika sudah tekan delete untuk menghapus bercak yang terseleksi tersebut.



STEP 8

Ganti Blending mode layer bercak foto ke Overlay dan Opacity ke 70 %. Untuk menambahkan kesan vintage pada foto, buat beberapa garis asal menggunakan brushes tool (B) dengan ukuran kecil seperti gambar dibawah ini.



STEP 9

Buat layer baru lagi dan beri nama layer dengan nama 'tekstur' lalu warnai layer dengan warna putih. Kemudian pada Menu Bar pilih Filter > Texture > Grain, pada jendela texture grain, atur nilainya seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah klik ok.



STEP 10

Ganti blending mode dari layer tekstur menjadi Softlight dan Opacity menjadi 50 %.



STEP 11

Pada langkah terakhir, kita akan kembali kepada layer 'foto'. Pilih layer 'foto' lalu pilih Filter > Noise > Add Noise. Pada jendela Add Noise, ganti nilai Amount menjadi 10, pilih Gaussian dan conteng tanda check list pada Monochromatic.




Well done! Kita telah selesai membuat sebuah foto biasa menjadi foto dengan gaya klasik (vintage) di photoshop, dan inilah hasil akhirnya...



Selamat mencoba, semoga bermanfaat! :)

Share On:

6 Responses to “ Efek Foto Klasik (Vintage) dengan Photoshop ”

  1. oh begono toh caranya,..
    boleh jg tuh di coba,...

  2. ajir says:

    @ Investasi emas : Sip, silahkan dicoba tutorialnya. :)

  3. Anonim says:

    makasih kk tutorialnya . . ngebantu banget ningkatin skill saya. . ^_^

  4. Anonim says:

    agak bingung di thumbnail exposurenya, bisa dibantu?

  5. arumita says:

    thank you, sangat membantu. dan smga bermanfaat dalam berbagi ilmunya

  6. yg cara ke-4 gmn ya gan ??

Leave a Reply