20100731 6

Beda Desain Grafis dan Seni Murni

in , ,

Mungkin secara awam, segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan visual akan dikatakan dengan desain grafis. Walaupun sebenarnya desain dan seni itu adalah dua hal yang berbeda pengertian. Artikel ini ditulis karena berangkat dari pemahaman yang keliru oleh sebagian orang mengenai pengertian desain grafis dan seni visual.




Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin

Wikipedia


Desain Grafis sebagai seni terapan adalah bentuk seni yang penerapannya berlaku secara umum dalam bentuk komunikasi visual. Desain grafis adalah suatu teknik merancang tampilan grafis agar dapat berkomunikasi dengan baik dengan target konsumen. Dalam hal ini, egoisme desainer harus dikesampingkan dan lebih mengedepankan fungsi dari desain grafis itu sendiri.

Hal itu lah yang membuat desain grafis berbeda dengan seni visual (visual art). Sebuah karya seni lebih bersifat ekspresif dan tidak punya tujuan secara umum. Seni bersifat individual dan berorientasi kepada ekspresi dan kepuasan dari pembuatnya (seniman). Sedangkan desain grafis berorientasi kepada kegunaan atau fungsinya. Desain grafis yang baik akan dilihat dari seberapa besar impact dari karya yang dihasilkannya.



Sebagai contoh, kita dapat membandingkan sebuah lukisan dengan sebuah poster. Lukisan tidak merayu siapapun untuk melakukan apapun. Lukisan hanya menggambarkan sesuatu yang bisa dinilai bebas dari berbagai sudut pandang. Namun berbeda dengan poster. Poster ditujukan untuk menyampaikan suatu pesan kepada massa. Dan tingkat keberhasilannya pun dilihat dari seberapa baik massa terpengaruh dengan poster tersebut.

Kesimpulannya, desain grafis dan seni murni adalah suatu hal yang berbeda. desain grafis adalah seni yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak dalam bentuk tampilan visual. Sedang seni murni adalah ekspresi jiwa yang bersifat individual, subjektif, dan lebih ditujukan kepada kepuasan terhadap karya, bukan terhadap fungsi.

Well, bagaimana menurut Anda? Jika ada yang ingin berbagi atau menambahkan, langsung saja melalui kolom komentar. :)

Share On:

6 Responses to “ Beda Desain Grafis dan Seni Murni ”

  1. tidak semua seni murni itu akan sama saat pembuatannya.. maksudnya, setiap pelukis pasti tak akan sama hasilnya pada setiap karya lukis, berbeda dengan design grafis berteknologi yang dapat dengan mudah memperbanyak, dibuat oleh siapa saja dan dimana saja. Tapi yang penting ilmu itu sendiri.
    nice post kang.

  2. ajir says:

    @ Jaka : Tidak hanya desain grafis yg berteknologi..seni jg mengikuti perkembangan teknologi. digital imagine misalnya. Seni yg dimaksud tulisan diatas bukan berarti cuma melukis diatas kanvas dan dengan cat, tp lebih ke tujuan sama fungsinya. bukan eksekusinya. :)

  3. design grafis merupakan bagian dari seni ( universal )materi ma fungsi dah berbeda, antara seni murni dan design grafis yang pastinya dua duanya berawal dari seni itu sendiri secara universal,..nice blog....

  4. trims ilmunya, semoga berkah

  5. Anonim says:

    makasii info.x , ,
    info.x sngat membantu saya sbg bhan ulangan . .

  6. FR says:

    visual art = seni rupa <-- disain grafis masuk ke seni rupa

    fine art = seni murni <-- lukis, patung, grafis murni(bukan disain grafis)

    dua-duanya tumbuh dari 1 pohon seni rupa. tapi berbeda cabang.yang 1 seni rupa murni, yang 1 seni rupa terapan.

Leave a Reply