20100705 8

8 Manfaat Kegiatan Blogging untuk Desainer Grafis

in , , , ,

8 Manfaat Kegiatan Blogging untuk Desainer GrafisKegiatan blogging tumbuh sedemikian pesat seiring akses internet yang semakin mudah didapat di Indonesia. Banyaknya layanan penyedia blog gratis juga semakin mendukung pertumbuhan aktifitas yang satu ini, sebut saja yang paling tersohor adalah Blogger dan Wordpress. Lantas, jika dikaitkan dengan desain grafis, adakah desainer grafis mendapatkan manfaat dari kegiatan blogging? Pasti! Berikut beberapa manfaat kegiatan blogging yang bisa diperoleh oleh desainer grafis :


1. Manfaat Menulis

Menulis sangat baik untuk pengembangan diri, bahkan untuk desainer grafis sekalipun. Untuk menulis, kita diharuskan banyak membaca, dan dengan banyak membaca, kita memiliki pengetahuan yang lebih luas. Selain itu, bagi sebagian orang, menulis merupakan kebutuhan. Nostalgia ke masa-masa SMP dulu..dimana banyak murid cewek menulis diary pribadi untuk mengeluh, bercerita, melampiaskan hari-hari yang mereka lalui melalui goresan-goresan pena diatas lembar demi lembar kertas setiap harinya. Ini merupakan cara yang baik untuk terapi diri, salah satu manfaat yang bisa didapat melalui menulis.

2. Tempat Majang Portofolio dan Memasarkan Diri sebagai Desainer Grafis

Blog bisa jadi tempat yang baik untuk mulai memasarkan diri anda sebagai desainer grafis. Selain bisa memajang portofolio di blog, kita juga punya ruang yang lebih bebas untuk memperkenalkan diri sebagai desainer, baik secara khusus melalui halaman about me, ataupun secara tidak langsung melalui postingan di blog Terlepas dari anda freelance designer atau pun bukan, kenyataannya adalah, kemungkinan datangnya project bisa dari mana saja. Lantas, mengapa tidak coba untuk 'menjaring mangsa' dengan membuat sebuah blog?

3. Membangun Link dan Bergabung dengan Komunitas yang Lebih Luas.

Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Kita dapat menjelajah dunia hanya dengan duduk manis di depan kompie. Well, bukankah ini kesempatan bagus untuk meluaskan jaringan dan bergabung bersama komunitas designer dari seluruh penjuru dunia. Lantas, kenapa harus punya blog untuk melakukan hal tersebut? Tidak harus sebenarnya, tapi alangkah lebih mudah melakukannya jika kita punya sebuah blog. Blog ibarat sebuah rumah, rumah anda di dunia maya. Coba bayangkan, apa jadinya kita jika tidak punya sebuah rumah? kita pasti akan dianggap gelandangan. Lantas, siapa yang akan berbaik hati ingin berteman dengan gelandangan??

4. Berbagi dengan yang Lain

Tidak ada kata rugi dalam berbagi, seperti halnya tidak ada orang yang akan miskin dengan berzakat. Lantas mengapa tidak coba berbagi ilmu dengan membuat sebuah blog? Banyak orang yang akan dapat manfaatnya dari tulisan kita. Sekedar pengalaman, saya dapat cukup banyak ilmu dari beberapa blog yang sepi pengunjung dan tidak pernah diupdate lagi. Mungkin si pemilik blog merasa blognya jarang dikunjungi dan tidak banyak memberikan manfaat. Tapi nyatanya, banyak orang yang tertolong dengan tulisan-tulisan di blognya, seperti saya contohnya. :)

5. Sebagai Catatan Saat Lupa

Ilmu harus diikat dengan catatan, karena pikiran tak cukup kuat menampung semua yang diterimanya. Blog bisa jadi alternatif bagus untuk itu. Kenapa bagus? Karena blog bisa menyimpan kumpulan ilmu berupa teks, gambar, video, dan link-link bermanfaat yang dalam hitungan detik meluncurkan kita ke muara ilmu yang cukup luas di dunia maya. Bukankah desainer grafis selalu bermain dengan tampilan visual dan berbagai macam insipirasi dari jagad maya? Ikatlah semua yang kita temui dan rangkum di sebuah blog agar kita tidak lupa.

6. Selalu Update

Setiap detik, selalu ada perkembangan dan temuan-temuan baru dari seluruh dunia, bahkan dalam dunia desain grafis. Menjadi up to date terhadap seputar perkembangan baru sangatlah penting. Ini akan jadi sumber penting dalam pengembangan diri seorang desainer grafis. Memang, untuk bisa selalu update, kita cuma butuh browsing, berpindah dari satu link ke link yang lain. Namun kembali kepada poin di atas tentang bergabung dengan komunitas dan membangun jaringan, informasi dan temuan baru akan lebih mudah didapat jika kita adalah bagian dari komunitas, dan untuk jadi bagian dari komunitas akan jauh lebih mudah jika punya sebuah blog.

7. Pembelajaran dalam Hal Navigasi

Dalam kegiatan browsing, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam situs dan blog dengan bentuk tampilan yang bermacam-macam. Dari situs dengan tampilan yang enak dilihat dan digerayangi, sampai kepada situs yang amburadul sehingga yang kita cari sangat sulit ditemukan. Dengan menjadi blogger, kita akan terlatih berhadapan dengan tampilan antar muka sebuah situs atau blog. Minimal sekali, seorang blogger bisa membedakan yang mana iklan dan yang mana yang bukan. Ini bukan hal yang sepele menurut saya, karena beberapa kali saya melihat, mereka yang tidak ngeblog seringkali tertipu dengan mengklik iklan. Akibatnya? Minimal akan banyak waktu yang dihabiskan untuk mencari informasi di dunia maya.

8. Sebagai Sumber Penghasilan

Ngeblog juga bisa jadi sarana untuk menambah penghasilan. Sudah banyak orang yang berhasil menghasilkan banyak uang melalui kegiatan blogging, tidak hanya luar negeri, tapi di Indonesia juga ada. Namun tentu menghasilkan uang lewat blog bukanlah hal yang mudah. Anda tidak bisa berharap dapat menghasilkan uang yang cukup dengan punya blog yang umurnya hanya 1 atau 2 tahun. Semuanya butuh proses, usaha, dan kesabaran. Kebanyakan orang dengan motivasi menghasilkan uang lewat blog dalam waktu singkat akan berhenti ngeblog dan membiarkan blognya terlantar setelah dia merasa tidak mendapatkan hasil melalui kegiatan blogging.

Poin-poin diatas saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi dan masih sangat subjective. Jika anda punya pengalaman terkait dengan artikel ini, mari berbagi di kolom komentar. :)

Share On:

8 Responses to “ 8 Manfaat Kegiatan Blogging untuk Desainer Grafis ”

  1. apdet malam-malam biar semakin kelam, gudang suram!! hehe..

    saya setuju-setuju ama si marco ini..

  2. ajir says:

    Hehe..gudang suram itu masa lalu bg narsis :D
    maen stuju2 aja ne, kasih pendapatnya dunk..

  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  4. Tutorial Desain Grafis Terbaru dan Gaul-gaul Untuk Anda Semua. Thanks

  5. heis.. logo headernya mantap habes.. keren2..

  6. Ayo Ngeblog Mulai sekarang!
    :)
    hehe....

  7. Betul sekali. Dengan blog kita memberi alasan bagi orang lain untuk melihat portofolio.

    David airey, desainer logo, selalu nge-blog tentang proses pembuatan logo yang dia lakukan. Dia bilang lewat blog, klien bisa tahu bahwa ada proses rumit di balik proses kerjanya dan itu membuat klient semakin menghargai karyanya.

    Kalau kita sudah lumayan bisa menulis, beberapa situs bahkan akan menerima tulisan kita dengan harga yang lumayan tinggi.

  8. Saya sangat awam tentang desain apalagi bikin website , saya ingin bisa bikin menulis di goggle seperti anda

Leave a Reply