20100725 13

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo

in , , ,

Font adalah hal yang vital dalam sebuah logo. Dalam logo, font bisa jadi sebuah tag line dan bisa jadi adalah logo itu sendiri. Logo dengan Pemilihan font yang buruk akan mengakibatkan penyampaian pesan yang tidak baik kepada konsumen. Hal ini tentu akan berakibat fatal bagi eksistensi perusahaan itu sendiri. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan ketika memilih font dalam desain logo, Semoga bermanfaat.




1) Font Default

Semua orang tau Arial, Times New Roman, dan Myriad Pro. Itu adalah contoh font-font yang secara default telah terinstal pada OS Window yang dipakai oleh banyak orang. Cobalah gunakan font-font lain untuk membuat logo terlihat lebih unik dan khas.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


2) Font yang Buruk

Jangan terlalu terkesima dengan tampilan-tampilan font yang unik seperti Comic Sans, Curiz MT, Papyrus, dll. Beberapa font unik terdapat secara default di OS Window dan semua orang mengenalnya. Hal ini tentu akan membuat logo tampil dengan tidak unik dan terlihat "pasaran". Selain itu, mempelajari Typography (kerning, serif, spacing, dsb)juga hal yang cukup penting untuk dapat mengenal font dengan kualitas yang buruk.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


3) Font yang Sulit Terbaca

Perhatikan keterbacaan (Readibility) dari suatu font. Banyak sekali font yang (mungkin) terlihat cantik tapi sangat sulit untuk dibaca apalagi jika dilihat sepintas lalu. Selain itu, hindari penggunaan shadow dan bevel untuk logo. Hal ini akan membuat font semakin sulit terbaca. Ingat! logo akan digunakan kedalam banyak sekali media visual seperti stempel, akrilik, faktur, dll.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


4) Font yang Terlalu Tipis

Mungkin beberapa font tipis akan bagus terlihat di monitor komputer. Namun ketika melalui proses produksi printing dan percetakan, font mungkin akan tenggelam dan tidak kelihatan. Hindari menggunakan font yang terlalu tipis. Logo yang baik adalah logo yang akan tetap jelas terlihat dalam berbagai ukuran. Coba perkecil ukuran logo untuk mengecek keterbacaan font.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


5) Font yang Tidak Relevan

Bentuk dari sebuah font menyuarakan makna tersendiri. Seperti font yang tipis akan terlihat seperti suara seorang wanita yang lembut dan halus. Sebaliknya, font yang tebal akan terlihat seperti suara yang berat dan tegas. Hati-hatilah dalam memilih font agar tetap relevan dengan usaha dari logo yang anda desain. Font yang tidak relevan akan dengan mudah membuat sebuah logo terlihat amatiran.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


6) Terlalu Banyak Font

Menggunakan terlalu banyak font akan membuat logo terlihat berantakan, tidak memiliki kesatuan dan terlihat amatiran. Orang-orang akan bingung ketika melihat sebuah logo dengan banyak font (lebih dari dua jenis font) dan tidak bisa menangkap maksud apapun dari logo tersebut.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


7) Feedback itu Penting!

Jangan lupa untuk mendapatkan cukup feedback dari orang-orang sekitar. Baik itu sesama desainer maupun non-desainer. Hal ini akan membuat kita mendapat banyak masukan yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo


Ada lagi yang mau ditambahkan? Jangan lagu untuk sharing melalui kolom komentar dibawah. :)

Share On:

13 Responses to “ 7 Tips Memilih Font untuk Desain Logo ”

  1. gak bisa bilang "r" ya, jangan "r"agu, bukan "l"agu hai..

    nyan ka betoi nyan.. carong that ajir.. mantap2..

  2. ajir says:

    @ Ikaz : Haha..Desain Studio blom punya editor khusus utk nanganin masalah salah ketik, jadi tlg dimaklumi y bg narsis.. :D

  3. afwan juragan..bagaimana dengan font yg di logo ane nih, sekalian feedback nya dari orang-orang yg ngerti..thanks yah

  4. afwan juragan..bagaimana dengan font yg di logo ane nih, sekalian feedback nya dari orang-orang yg ngerti..thanks yah contoh logonya di http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs079.snc4/35321_1437878919208_1600057109_1010763_2181445_n.jpg

  5. @ ajir :

    haha, ni mang dah jadi keskurangan para designer, urusan kaya ginian malas.. hihi

  6. ajir says:

    @ Kang Lijer : font nya terlalu serem Kang, dan agak sulit dibaca apalagi dr kejauhan. Saran saya, hindari pakai gradasi, yg simple-simple aja tapi ttp unik. Satu lagi, font bergaya kaligrafi seperti ini sepertinya sudah out of date. hehe..sekedar saran Kang. :)

    @ Ikaz : Weeess, baju baru dia ee ngeriii.. :D

  7. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

  8. inspiring sekali artikelnya kang..

    kang urang mana??
    bandung??

    simkuring ti ujung berung..

    http://pdsgn.blogspot.com/

  9. ajir says:

    @ ZaiiFauzi : Thanks!
    Bukan, saya orang Aceh. :)

  10. Logo adalah pencitraan suatu usaha/ produk, maka font adalah penguat dalam penyampaian pesan didalamnya, desainer profesional sangat hati-hati dalam penggunaan font, betul kata penulis di atas..

    Sukses ya bro...!

  11. tips nya menarik.. bisa di aplikasikan ke website juga.. Thanks

  12. Anonim says:

    haha...kidsexchage!

Leave a Reply