20100629 118

Perbedaan RGB dan CMYK - Menghindari kesalahan pada proses cetak

in , ,

Perbedaan RGB dan CMYK - Menghindari kesalahan pada proses cetakPermasalahan yang sering timbul dalam dunia desain grafis adalah ketika desain dihadapkan dengan dunia produksi. Banyak sekali desainer grafis yang handal ilmu desainnya, mahir penguasaan toolnya, namun lemah terhadap pengetahuan dalam bidang produksi. Hal ini menyebabkan hasil akhir produksi dari suatu desain biasanya kurang memuaskan. Masalahnya bisa beragam, namun seringkali ditemukan pada perbedaan hasil dari warna pada proses cetak.

Permasalahan ini sederhana dan lazim terjadi di dunia percetakan. Diakibatkan dari kurangnya pengetahuan desainer terhadap konsep dasar dan teori warna. Warna dalam dunia percetakan berbeda dengan warna tampilan di monitor. Teori ini dibagi berdasarkan dua model warna : RGB dan CMYK. Perbedaan inilah yang kemudian menyebabkan seringnya terjadi kesalahan atau hasil yang tidak diinginkan dari warna akhir melalui proses cetak.

Adapun perbedaan warna RGB dan CMYK, secara sederhana dapat dijelaskan seperti ini :

Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.

Perbedaan RGB dan CMYK - Menghindari kesalahan pada proses cetak

Warna RGB biasanya lebih terang dan jelas, biasanya menghasilkan besar kapasitas file yang lebih kecil. Warna RGB sangat cocok untuk presentasi visual dalam tampilan monitor seperti desain halaman web/situs. Ketika suatu karya desain dalam format RGB akan diprint dan melalui suatu proses cetak, maka warna RGB harus dikonversi dahulu kedalam model warna CMYK. Hal ini karena printer dan mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK sebagai model warna dari kalibrasi di mesin cetak.

Sering kali beberapa karya desain yang akan naik cetak masih dalam format RGB, dan ketika dikonversi menjadi CMYK, warna biasanya akan berubah menjadi lebih redup dan tidak secerah warna yang tampil pada model RGB. Solusi dari masalah ini adalah, desainer harus memastikan dulu desainnya tampil dengan warna yang diinginkan dalam format warna CMYK, karena yang akan keluar dari mesin cetak adalah warna dengan model CMYK.

Beberapa software/aplikasi untuk desain grafis biasanya mengizinkan kita untuk bekerja dengan memilih antara dua model warna (RGB atau CMYK) walaupun dalam beberapa hal, seperti beberapa fungsi dari photoshop tidak akan aktif jika kita bekerja dalam model warna CMYK. Pemilihan model warna biasanya akan tampil ketika kita membuka dokumen baru. Namun, apabila sudah terlanjur bekerja di salah satu model warna dan kita ingin menggantinya, kita bisa menkonversi kembali model warna tersebut.

Berikut beberapa cara konversi model warna dari RGB ke CMYK di beberapa software desain grafis :

Adobe Photoshop
Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK

Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document color mode > CMYK color

CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.

Microsoft Publisher 2003-2007
Pilih Tools > Commercial Printing Tools > Color Printing, pilih Process Colors (CMYK)

Adobe Indesign
Pilih Window > Swatches dan Window > Color. klik ganda color di Swatches dan ganti color mode ke CMYK dan color type ke Process.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.. :)

Share On:

118 Responses to “ Perbedaan RGB dan CMYK - Menghindari kesalahan pada proses cetak ”

  1. inilah hambatan utama para pencetak grafis. terutama yang berminat pada studio photo..
    hasil edit dikomputer sama hasil percetakan beda dalam kekentalan warnanya...

    saya kira, dengan mode warna diatas (mode CMYK)sama saja jika resolusi monitor yang tidak mendukung..

    tapi, terimakasih atas pembahasannya...
    :)

  2. mas, taruh lah di advertisementnya ditaruh blog ane...
    :)
    hehe (kalo mau)...
    ini link gambarnya...
    http://i741.photobucket.com/albums/xx58/jakazulham/blog/jakazulhamblogs.jpg

  3. mas, saya buat file dengan corel, padahal mode color sudah CMYK tapi mengapa waktu cetak warnanya tetap berubah / lain dengan warna di monitor ???

    di monitor biru muda terang, hasil cetak biru pucat redup, printer gw canon ix 4000.

  4. ajir says:

    @ Jaka : hehe..di blogroll aj y? :D
    @ Budiman : Tampilan warna di Coreldraw emg bermasalah, sering gak nyambung sama hasil cetak. coba, filenya di convert ke .tif dulu baru di print. Setting pada print sama bahan kertas yg dipake mgkin jg berpengaruh..

  5. @Jaka: Resolusi berhubung dengan ukuran pixel bukan warna. Jadi, tidak berpengaruh.

    @Budiman: Monitor harus dikalibrasi dulu. Kalau cetak di studio foto tanya setting kalibrasinya, kalau bisa minta filenya. Kalau di printer sendiri, coba-coba saja sendiri.

    Sekedar tambahan, setahu saya cara kerja lebih baik ialah dengan mulai kerja di mode RGB dan setelah selesai baru convert ke CMYK. Kenapa di RGB, karena jangkauan warna lebih besar dan output yang kita gunakan, monitor, menggunakan mode RGB. Setelah convert ke CMYK nanti pasti ada warna-warna yang hilang karena jangkauannya lebih rendah.

    Saya sendiri kalau nulis buku tekniknya begitu. Semua Photoshop tetap di mode RGB, yang penting nanti hasil akhirnya (PDF) dalam format Press (CMYK).

  6. ia mas, ditunggu...
    periksa juga di jakazulham.blogspot.com

  7. @ kalo saya baiknya kalo kerjain sebuah desain tergantung desainnya untuk apa dulu untuk di cetak atau hanya untuk tampilann web atau desain.

    kalo cetak ya awalnya langsung setting ke CMYK
    begitu juga kalo mau untuk web atau wallpaper monitor langsung ke RGB.

    karena ketika mendesain kita kan mau hasil waktu set sama dengan cetak, jangan sampai dah desain cape2, hasil warna cetaknya beda.. frustasi berat tu.. ( penyakit corel nih )

    nice inpoh!!

  8. Anonim says:

    Menurut sy, kerjakan dulu materi desain dng color mode RGB utk materi cetak cmyk(agar fungsi "effect" tetap aktif di Photoshop. Kan desainnya mau diberi bbg efek to). Setelah itu baru color mode ubah ke cmyk. Perubahan warna ditampilan monitor dan hasil cetak (prnter kita)biasanya berbeda, entah monitor perlu disetel atau dikalibrasi lagi. Solusi sy selama ini,materi desain/grafis yg dibuat diprint inkjet (sbg guideline kepada petugas jasa digital printing, seperti "Subur". Maaf ini bukan promosi).Terus file tsb diekspor ke ext Tiff. Simpan dlm flashdik file tiff tadi(+ file asli, link gambar, font yg digunakan). Lalu,di Subur minta dicetak digital(cetak "real" CMYK) biasanya di atas kertas art paper 230gr.Tujuannya, agar kita tahu apakah warna CMYK yg diinginkan sudah tercetak dng benar dan sesuai. Bila belum, komposisi warnanya bisa diedit lagi di tempat itu. Cetak digital(yg "real" CMYK) ibarat membuat proofprint, tapi tanpa membuat film separasi, dan murah lagi. Output ini sbg guideline, selanjutnya dibuatkan film separasi dan dibawa ke percetakan. Semoga info ini dapat membantu teman2.Catatan: jangan berpedoman hanya pada monitor kita, sebab file kita akan tampil berbeda di monitor tempat jasa pembuatan film separasi atau di monitor milik percetakan (toh pedoman mereka adalah proofprint sbg guideline warna cetak cmyk. Terus, monitor di percetakan/pembuat film sparasi, biasanya pakai Mac.Terus lagi, format/sistem cetak mereka umumnya berdasarkan Photoshop (cetak offset atau digital print bahan flexy)karena dianggap warnanya lebih stabil. Sori dehhh, kepanjangan

  9. ajir says:

    @Ikaz @ Jeprie : mungkin kalo masalah metode warna ap yg dipake buat desain, kembali berpulang ke masing2 designer..thanks 4 share :)

    @Anonim : Info bagus buat pembaca Desain Studio..ga pa pa kalo kepanjangan dikit..Thanks yah, :D

  10. Anonim says:

    Bos nanya, Aku lay out koran pake Corel, tapi percetakan minta filenya jadi PDF, kalo yang b/w gak masalah, tapi yang warna dia minta CMYK masing2 jadi 1 file PDF, gimana ya..?? maklum pemula. trim's

  11. ok boss kirain begini boss cara supaya konversi dari rgb ke cmyk tipsnya gimana supaya gambar relativ sama ketajamnnya gitu bisa ada keterangnya lagi nggak

  12. Numpang kasih masukan :
    Kalo outputnya ke printer non Offset spt desktop printing, digital print, laserjet color mode warna gbr nya pakai RGB aja jgn dikonvert ke CMYK krn nanti terjadi 2 kali konversi krn printing juga otomatis akan melakukan konversi tersebut. Sementara klo output ke separasi Offset harus dikonversi ke CMYK dulu spy bisa dibuat film 4 warna. Begitu bos...(www.imagidesign.blogspot.com)

  13. Anonim says:

    gimana cara mengatur jarak grabber image dan gimana juga caranya mengatur image agar center di adobe illustrator, tolong dong ....

  14. ajir says:

    Anonim > untuk masalah align di Illustrator, bisa lihat artikelnya disini

  15. Anonim says:

    Numpang nimbrung gan, klw cetak photo di Photoshop hasil warna setelah di print gelap, padahal seting brighnes da contras di menu photoshop sudah di sesuaikan dengan pilihan, sementara klw gbr tsbt di print nya di photoscafe kondisinya normal sesuai dg gbr yg ada di monitor, mhn pencerahan nya gan....tks.

  16. Numpang nimbrung gan, klw cetak photo di Photoshop hasil warna setelah di print gelap, padahal seting brighnes da contras di menu photoshop sudah di sesuaikan dengan pilihan, sementara klw gbr tsbt di print nya di photoscafe kondisinya normal sesuai dg gbr yg ada di monitor, mhn pencerahan nya gan....tks.

  17. nice artikell.. saya ini jg baru terjun didunia [percetakan,, ternyata ilmu desain sj tidak cukup untuk bisa mendapatkan output yg bagus,,
    @g_incafe, udahkah printnya di kalibrasi dengan monitor anda?

  18. thanks bgt gue dlu bingung knapa dicetak wrnanya beda sma yg di photoshop, oh ini ya masalanya . cool thanks :)

  19. reky says:

    inilah tuntutan para desainer agar bisa bermain warna dan bermain ancang2 ketika mendesain, ancang2 ketika nanti hasil akhir akan dicetak, biasanya klo warna CMYK itu akan turun sehingga wktu kita mendesain alangkah baik nya warna yg kita pilih dan kita manipulasi agar lebih terang 10-20%.. trims

  20. Trim's masbro, postingan yang bermanfaat. solusi sudah teratasi...

    salam sukses
    http://disiniadaberita.blogspot.com

  21. mau nanaya dong kalo hasil konversi dari rgb ke cmyk hasilnya akan sama kaya pas kita buat di rgb atau tidak? hehe ane gak punya prinan,, pas ngeprint ke warnet suka beda gth.. makasih bos

  22. @Abdil Latif; kalo konversi pasti warna akan berubah, entah lebih atau kurang, karena komposisi pendukungnya sudah jelas berbeda.

  23. bos cara menconvert RGB ke CMYK tanpa merubah warna, atau ada solusi lain. maklum masi pemula :) trims

  24. sangat membantu mas,..baru tau sekarang,..terima kasih mas,..

  25. denyhamzah says:

    halo mas, saya mau tanya..
    saya baru bekerja sbg layouter buku pelajaran SD. perusahaan saya kebijakan cetaknya suka berubah2, kadang full color, kadang 2 warna..
    yang mau saya tanya, bisa gak kalau saya buat dokumen dengan full color (teks dan gambar2), setelah selesai, saya convert satu dokumen itu menjadi 2 warna (jadi cyan dan black)? apa ada triknya? atau softwarenya? bisa gak adobe acrobat melakukan konversi warna tsb?
    terima kasih sebelumnya mas...

  26. tips nya sangat menarik,saya baru tau sekarang. biasanya asal pilih aja, soalnya amatiran hihihih

  27. IMHO...
    Hue kurangi
    Saturation tambahi
    Lightness kurangi
    Buat yg desain udah terlanjur jadi di RGB (apalagi layer logo yg rentan komplain hehehe)
    CMIIW (Correct Me If Im Wrong)

  28. Kalo kerja make Photoshop, menurutku buat konversi warna akan lebih mudah jika lewat Convert Profile

  29. mas, klo ngeprint foto apakah harus dikonversi ke CMYK dulu?

  30. Terima kasih artikelnya bermanfaat

  31. oh jadi perbedaan dan letak persamaanya di bagian background dan di mana warna itu akan di gunakan yah .. thx ilmunyaa

  32. Terima kasih tutornya cukup membantu..

    Bagi agan yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini Kursus Desain Grafis

  33. Makasih penjelasannya.. Sangat bermanfaat :)

  34. Nice info Gan.. terima kasih banyak Gan, artikelnya sangat bermanfaat

  35. Tutorial-nya sangat membantu sekali, bagi calon kustomer percetakan khususnya...

  36. Info yang menarik buat dibaca, makasih ya gan. Ilmu jadi nambah nih

  37. Johan Nusaka Offset says:

    Mau tanya gan.. Kira2 mungkin tidak klo warna CMYK bisa mengejar sama persis warna RGB seperti dalam desainnya ketika masuk proses cetak offset? Atau kita memang harus menggunakan warna CMYK yang mirip seperti warna RGB pada desainnya agar hasil cetakannya mendekati/mirip dengan desain di komputer? Trims

  38. terimakasih admin artikelnya sangat bermanfaat :)


  39. Salam...sya muda dri aceh mau nanya mslah yg mrip sperti diatas.. Masalahnya saat ane ngedit file dri phtoshoop cc lalu ane save kenapapas preview hasilnya warnanya berubah jdi lbh pucat?? N masalah ini bukan kejadian sma ane aja..tapi tmen ane juga bgtu.., tpi ane punya 2 komputer..n dikomputer ane yg satu lagi denfan phtoshop CC yg sma...tapi hasil diphtoshop gak beda dengan priview nya??? Mhon pencerahannya bg??

  40. Selamat pagi. Thanks ya gan untuk informasi terbarunya. Semoga semakin bertambah dan terus bertambah informasi terbaru dan terbagus lainnya. Sukses terus.

  41. Tengkeyu gan, nambah lgi satu ilmu hehe

  42. Terima kasih tuan. Amat bermanfaat dan menyelesaikan masalah printing mug saya. di komputer nampak amat cantik, bila tukar cmyk hampir-hampir dapat warna dalam RGB yg designer buat. Thanks ya

  43. di percetakan saya malah dianjurkan pake rgb -_-

  44. Mas tanyak,,sy buat file gambar d format RGB, klou mau d cetak hrus d gnti k cmyk psti hsil warnanya brubh redup,,jika d cetak hasilnya berubah seperti rgb ap cmyk trimksh.

  45. Ari says:

    RGB lebih gampang dipahami sebagai warna cahaya sedangkan CMYK adalah cetak... penjelasannya bermanfaat sekali mas

  46. mas kok jarang update lagi?

    :D tak komeni kabeh

  47. berarti kalau hasil desain ingin dicetak harus pakai warna CMYK agar hasilnya sesuai. Maka dari itu saya terapkan ketika sayamembuat cover majalah.

  48. manatp gan tambahan ya. seringkali mesin percetakanya juga ga memenuhi standar percetakan. atau belum diservice. saya pernah mengalaminya soalnya hehe
    izin sedot ilmunya juga ya hehe
    mampir juga ke web ane kita sharing sharing
    http://anykindesign.com/

  49. OH GTU YA BOS CARANYA , MAKASIH BANYAK forex asli

  50. Permasalahan klasik.... Color Calibration. Platform pabrikan lini hulu sampai hilir belum ada kesinambungan standard. Maksud saya, kalibrasi monitor susah distandarisasi dengan kalibrasi adustment pada semua printer bahkan mesin offset. Kadang mengejar dispensasi penurunan/kenaikan 15% dari harapan client (maunya what you see is what you get) perlu perjuangan adjustment warna print atau bahkam memelototi operator produksi offset.

  51. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

  52. pembahasan nya sangat menarik thanks gan

  53. ini yang saya cari dari dulu mas...terima kasih

  54. Bang, kenapa warna merah selalu pecah di monitor saat dijadiin JPEG atau PNG? Padahal sudah RGB. Dan resolusi 72 dpi.

  55. mas... kl saya export for web, dipindah ke HP, warnanya jadi terang seperti neon, harus diapakan yah.. padahal antialias dan maintain aspect ratio sdh dicentang. thank you

  56. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

  57. Thank you very much for give us this valuable information, will be much helpful for us to save ink in the process of design

  58. Adi says:

    Terima Kasih, infonya sangat membantu membedakan dua tipe warna ini

  59. Anonim says:

    mengetahui berita bola, tentu harus tau pula tentang prediksi bola, yuk kepoin web portal info lengkapnya di bolazola.com

  60. Anonim says:

    yok kunjungi http://satriapoker.com, dapatkan informasi seputar game poker yang dikemas dalam bentuk poker online dari agen poker satriapoker terpercaya

  61. Anonim says:

    Saya ikut lomba fls2n 2017 tingkat provinsi di Pekanbaru poster saya dicetak ternyata warnanya jadi lebih gelap, ternyata mode warnanya salah. Terima kasih, artikel ini sangat bermanfaat!

  62. This blog is a great source of information which is very useful for me.

  63. Jual obat aborsi 100% manjur. Informasi lebih lanjut Hub 082244058007 atau kunjungi www.penggugurkandunganasli.com


    Jual Obat Aborsi Surabaya
    Jual Obat Aborsi Samarinda 100% manjur Wa. 082244058007




    Jual Obat Penggugur Kandungan

  64. Jual obat aborsi 100% manjur. Informasi lebih lanjut Hub 082244058007 atau kunjungi www.penggugurkandunganasli.com


    Jual Obat Aborsi Surabaya
    Jual Obat Aborsi Samarinda 100% manjur Wa. 082244058007



    Click here

  65. Situs Bandar Taruhan Agen Judi Bola Terbesar Dan Terpercaya Indonesia.
    Segara Daftar kan Diri Anda Di Link Bawah Ini :

    Hokibet99

  66. maya says:

    this article very interesting for me. please share this information to many people. I hope you will always give your best article articles Bandar Togel Main Togel Online



  67. it is very good post and very good article.I appreciate your blog . Well-done for shared .






    https://www.clippingpathexclusive.com/

  68. very good article. I am happy to be able to come to this website.
    Do you need a uniform? contact us bikin baju for your uniform production!

  69. Excellent Post as always and you have a great post and i like it thank you for sharing

    โปรโมชั่นGclub ของทางทีมงานตอนนี้แจกฟรีโบนัส 50%

    เพียงแค่คุณสมัคร Gclub กับทางทีมงานของเราเพียงเท่านั้น

    ร่วมมาเป็นส่วนหนึ่งกับเว็บไซต์คาสิโนออนไลน์ของเราได้เลยค่ะ

    สมัครสล็อตออนไลน์ >>> goldenslot

    สนใจร่วมลงทุนกับเรา สมัครเอเย่น Gclub คลิ๊กได้เลย

  70. very good article. I am happy to be able to come to this website.
    Do you need a car? contact us Harga Brio Yogyakarta for your car !

  71. Find a place for cheap backlink, trustworthiness seo is the best solution for you.
    We specialize in supply backlink in Jogja.

    Check this backlink terbaik

  72. SEO mempunyai tujuan untuk tempatkan satu situs pada tempat paling atas pada suatu mesin
    perayap berdasar pada keyword tersendiri. Dengan begitu jika satu situs atau website ada tempat
    paling atas dalam hasil penelusuran karena itu mempunyai kesempatan yang besar untuk dikunjungi pengunjung..
    Dengan mempraktikkan Check this bikin toko online,
    bermakna kita sesuaikan web kita supaya berteman dengan algoritma itu.

  73. Hey guys, know us factory that can make shirts, polo shirts, and shirts pdh pdl jogja. Click immediately the link
    buat kaos polo ...

  74. Hey guys, know us factory that can make shirts, polo shirts, and shirts pdh pdl jogja. Click immediately the link
    harga polo shirt bahan lacoste ...

  75. SEO mempunyai tujuan untuk tempatkan satu situs pada tempat paling atas pada suatu mesin
    perayap berdasar pada keyword tersendiri. Dengan begitu jika satu situs atau website ada tempat
    paling atas dalam hasil penelusuran karena itu mempunyai kesempatan yang besar untuk dikunjungi pengunjung..
    Dengan mempraktikkan Check this bisnis review,
    bermakna kita sesuaikan web kita supaya berteman dengan algoritma itu.

  76. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  77. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  80. sharing, I've found this interesting! Check it out!

    Massage in Paris |

  81. I've found this interesting! Check it out!

    Massage in Berlin |

Leave a Reply