20100421 6

Merubah Warna Secara Keseluruhan di Adobe Illustrator

in , ,

Tips DesainStudio berikut ini adalah tips tentang bagaimana merubah warna secara keseluruhan sebuah gambar vektor di Adobe Illustrator. Tentunya bukan vektor yang hanya terdiri dari satu warna..tapi vektor yang punya beberapa bagian dengan warna-warna yang berbeda. Bayangkan sob, jika harus dirubah satu persatu. :D



Bahan praktek kita kali ini adalah sebuah illustrasi vector yang sangat cantik bertemakan lampu disko. Sengaja saya milih vector yang rumit dan kompleks seperti ini sebagai bahan perbandingan : "yg rumit aja bisa dirubah warnanya, apalagi yg simple.." hehe, begitulah kira-kira.



Sekarang coba perhatikan, gambar vector ini memiliki cukup banyak warna. Akan sangat menguras waktu untuk merubahnya satu persatu hingga bertemakan warna tertentu yang kita inginkan.



Untuk mulai merubah warna secara keseluruhan dari vector tersebut di Illustrator, caranya cukup sederhana : seleksi semua gambar vector yang ingin dirubah warnanya..kemudian klik Recolor Art work pada menu control dibagian atas area kerja. Untuk mengaktifkan menu control (jika tidak aktif), pada menu bar, cukup Pilih Windows > Conteng pada tanda control.



Setelah menekan tombol Recolor Artwork, maka jendela Live Color akan terbuka. Klik tombol edit seperti pada gambar dibawah.



Anda akan melihat sebuah roda warna dengan bulatan-bulatan kecil yang mewakili setiap warna pada gambar vektor, yang apabila digeser maka akan merubah warna tertentu yang diwakili oleh bulatan tersebut. Untuk merubah semua warna (tema warna) sekaligus, cukup dengan menekan tombol Link Color Harmony. Maka bulatan tersebut akan mengunci menjadi satu kesatuan, yang apabila digeser salah satunya..maka bulatan yang lain akan mengikuti.



Sekarang saya akan coba geser bulatan-bulatan ini ke warna hijau, dan lihat, gambar vektor berubah menjadi nuansa hijau.



Dan apabila digeser kewarna merah..maka otomatis, gambar vektor juga akan bertemakan merah, seperti pada gambar dibawah.



Catatan : Live Color juga bisa anda terapkan untuk meraba-raba warna yang tepat yang kira-kira sesuai dengan desain yang anda kerjakan. Karena apa? Karena lebih simple tentu saja, tinggal geser, dan lihat..kalau kurang cocok, yaa geser lagi.. :D

Segitu aja kira-kira curhat dan dongeng-dongengan malam ini. Semoga bermanfaat.. Salam Olahraga!

Share On:

6 Responses to “ Merubah Warna Secara Keseluruhan di Adobe Illustrator ”

  1. mantap nihh infonyaa
    langsung praktek ahh

  2. Anonim says:

    saya menggunakan AI CS2.
    tapi kok saya cari2 gak ada yah "Recolor Art work" ato "Live Color". saya sudah klik >Windows > Conteng pada tanda control. tapi kok gak muncul juga yah?

  3. Akhirnya ketemu juga yang dicari terimaksih infonya...

  4. terimakasih banyak infonya . sangat bermanfaat

  5. mantap gan tutorialnya. ane kebantu banget

  6. Trims atas infonya.menambah pengetahuan.

Leave a Reply